Apakek

Saturday, October 2, 2010

Media Cetak (katanya) Menuju Kematian

Luar negeri sudah ketakutan karena media elektronik (internet) sudah mulai mengalahkan media cetak. Sampai-sampai di barat sana ada banyak koran yang mulai bangkrut. Akhirnya banyak pula yang mulai mencari ide: koran dikemas dalam bentuk elektronik, bukan cetak yang setiap pagi diantarkan loper koran. Beritanya pun jadi sering diupdate. Tentu dengan harga langganan per bulan yang mahal.

Belum lagi e-book yang semakin merajai pasaran. Amazon Kindle dan iPad semakin menjamur. Banyak juga yang sekedar beli pdf buku, atau download bajakannya. Tapi, namanya barat, situs bajakan tidak akan awet umurnya. Yaa, intinya buku ataupun media cetak lainnya di luar negeri mulai kehilangan gregetnya.

Itu luar negeri. Bagaimana dengan Indonesia?



Tidak tuh, tidak ada pengaruhnya. Memang pernah ada surat kabar tidak terkemuka yang mengeluh bahwa oplahnya menurun. Kemudian dengan konyolnya, orang penting surat kabar tersebut bilang, karena media elektronik sudah merambah dan akhirnya koran terbitannya menurun oplahnya. Tidak masuk akal,

karena bisa saja pelanggan surat kabar tersebut tidak puas dengan mutu berita atau cetaknya, sehingga pindah ke surat kabar lainnya yang lebih baik. Bahkan di sana sini masih banyak loper koran, dan tukang loak yang membawa berkilo-kilo koran bekas.

Toko buku pun masih ramai. Banyak sekali pengunjungnya, majalah dan buku fisik masih laku keras. Penulis teenlit terus menuai untung. Penulis muda pun buku-bukunya maish dibeli pembaca.

Kenapa bisa berbeda sekali, ya?

Mungkin, bisa jadi karena minat baca orang Indonesia yang masih sangat sangat sangat sangat rendah. Orang Indonesia cenderung lebih suka ngerumpi daripada disuruh baca buku cerita. Baca buku cerita aja malas, gimana disuruh baca biografi? Atau sejarah?

Jangankan minat baca, masih banyak orang Indonesia yang belum bisa membaca. Angka buta huruf di Indonesia masih sangat tinggi.

Parahnya, kebanyakan orang Indonesia buka internet hanya untuk situs jejaring sosial. Bukan untuk baca, atau menulis. Nahlo. Paling baru baca, kalau diberi tugas dari sekolah atau apa haha.

Bisa jadi, nanti kalau generasi tua sudah meninggal, baik koran fisik maupun koran digital di Indonesia sama-sama matinya hehehe....

4 comments:

chop said...

rani juga lagi mikir-mikir nih beli Amazon Kindle. rani jadi bingung karena Indonesia payah banget ngerespon gadget macem ini. Giliran BB yang banyakan nilai gengsinya dari manfaat aja, kayak apaan tau dijual. Mau beli! Tapi info terbatas, Indonesia nggak jual, harus mesen, kalo service susah, beli e-book nya juga susah karena katanya Indonesia nggak bisa nyediain.

E-book oke banget! Menghemat penggunaan kertas, menghemat pohon, praktis! 100 buku nggak bikin tas jebol, cukup bawa kindle cuma sekian gram. Murah lagi, harganya paling setengah dari yg dijual di toko buku. Sekitar 20-30 tahun lagi buku di rumah rani bisa dijual mahal! Sayang masih susah kalo di Indonesia.

Tofaninoff said...

KAK RANI EPIC!!!!!

Iya setuju banget. Indonesia itu menurut saya terlalu gengsi. Gengsinya gede banget.
Minat bacanya keciilll, makanya konsumtif...

chop said...

Minat baca sih bisa dikembangin, tapi sebenernya yang mau rani kritik tuh, buku di Indonesia MAHAL.Tertarik nih, liat judul buku: oke, summary: oke, liat harga: langsung balikin ke rak. Kalo harga buku aja mahal ya orang mana mau beli!! rani juga suka baca macem-macem tapi beli buku nggak sering-sering amat, MAHAL, dan kita juga nggak taukan bagus apa nggak kalo belum baca. Takut nyesel, mending minjem dulu kalo bagus beli/baca ol.

Kalo minat rani yakin kok banyak yang suka baca, tapi males, ngerasa kalo ada yg lebih worth dibeli daripada buku karena emang harga buku lumayan banyak yg agak-agak bikin sakit hati. perpus cuma nyediain /buku pelajaran/. Gimana mau ningkat minat bacanya.

Tofaninoff said...

setuju eh itu yg harga mahal!! mungkin krn selera orang Indo ketinggian ya, jadinya mau buku yg kualitas cetakannya bagus, kertasnya bagus, etc.
minat baca yg tinggi kan masih di perkotaan, Kak. coba deh kalo misalnya ke pedesaan... Mereka lebih milih ngerumpi bareng tetangga dibanding baca Koran ato kitab gitu kan~

IYA EH itu heran, dari dulu di mana-mana yang namanya perpus sekolah cuma sedia buku pelajaran. Kayaknya nggak ada kepala sekolah yang merhatiin buku bacaan selain pelajaran ya ck.