Apakek

Tuesday, December 8, 2009

On Fire

Tes sumatif semester ganjil di SMA Negeri 8 hampir usai. Tinggal besok lho, 09/12/2009

Haha gw pengen cerita tentang pengalaman-pengalaman tentang ujian di 8. Dulu, udah lamaaa banget, gw menghadapi TF 1, alias Tes Formatif Pertama. Ternyata, ulangan harian di SMA itu nggak seperti di SMP dulu. Jadi UHnya lebih terjadwal, ada pekannya. Selain itu namanya jadi keren: Tes Formatif hwakakaka.. Bayangan gw, bakalan jadi pekan yang amat sibuk.


Gw mulai menghadapi yang namanya Formatif ini. Sebagai anak SMA yang masih baru mulai dan terbiasa dengan jadwal di SMP, dengan sombongnya gw gak belajar untuk menghadapi Formatif ini. "Halah, paling gampang."

Hari pertama, Senin, formatif pertama adalah Sosiologi. Ternyata gw mendapatkan nilai 4 dari mata uji ini lol. Sungguh engga diduga-duga.

Besoknya, masih sombong pula gw gak belajar. Mata uji, matematika. Dan begitu menghadapi soalnya.. oh meeen...

Ternyata, namanya "Pekan Formatif" itu nggak bener-bener seminggu itu ulangannya. Jadi ada beberapa mapel yg ngaret ulangan karena perbedaan materi yg disampaikan, antara lain Kimia, Biologi, dan Fisika. Khusus fisika, gw susulan karena nggak masuk, dan gw ga tau sampai hari ini dapet berapa.

Oke, banyak sekali remedial yang harus gw jalani. Parahnya, secara nggak langsung ini mengganggu aktivitas belajar gw di 8. Dan bagai efek domino, gara-gara harus belajar utk remed, bab selanjutnya yg sedang dibahas pun gak konsentrasi.

Intinya, formatif 1: suram

Sumatif pertama, alias Ulangan Tengah Semester Ganjil pun mulai. Di sini gw mulai belajar dari pengalaman: belajar yang bener. Walaupun masih ada beberapa yang gak dipelajari. Dan mata uji Sosiologi yang notabene wajib remed, walaupun udah belajar mati-matian, masih aja gak bisa. Kalo ini perkaranya gara-gara materi yang dikeluarin adalah BAB 3, padahal seharusnya cuma sampe BAB 2 aja.

Intinya sumatif pertama masih suram. Dan di rapot bayangan gw suraaam banget.

Sumatif pertama, quarter pertama: suram

Akhirnya pekan TF 2 mulai lagi. Sosiologi lagi. Dan gw dapet nilai pas-pasan SKBM. 75
teruus teruus ulangan. bagai orang yang berjuang, ternyata di 8 itu paling banyak ulangan dibandingkan SMA lainnya. Gatau sistem apa ini.

Alhamdulillah TF 2 ada sedikit perbaikan, walaupun Kimia, karena gw gak masuk, harus susulan dan soalnya, dammit, susah. Gampangan yg pertama. oh meeen entahlah bagaimana nasibnya

Formatif 2: lumayan

Ga disangka, gw belajar di 8 udah hampir setengah bulan. Udah menghabiskan uang SPP sampai 6 X Rp450.000,00. Udah menghabiskan uang ongkos. Sudah berhasil membuat gw mengoleksi 5 lembar KLS KRL. Berhasil membuat gw belajar bermain rubik, dan bermacam-macamnya...

Kira-kira seminggu yang lalu, mulailah yang namanya SUMATIF KEDUA. Belajar mati-matian dimulai, terutama untuk mata uji Sosiologi dan Biologi yang notabene gw remedial selalu. Akhirnya perjuangan menghadapi dua mata uji ini selesai..

Gw menghadapi Sosiologi dengan beban yang tak begitu berat, karena sudah belajar. fuuh..
dan selanjutnya, mata uji Olahraga, Matematika, Fisika, Agama, dan selanjutnya teruus berlangsung...

Hingga hari Sabtu. wah damainya hati karena hari itu libur. Belajar untuk mata uji Kimia di hari Senin. Belajar hingga larut malam, karena tiba-tiba Rhesa bilang, "An Najm, 39". Isinya, "Bahwa manusia tidak akan mendapat apa selain apa yang diusahakannya." Gw termotivasi. Selain itu, MAN JADDA WAJADA, itu juga memotivasi gw. Entah kenapa gw bisa seenaknya melupakan mantra ini yang terbukti bisa mendongkrak nilai gw...

Hasil pertama muncul. PKn. Sontak gw panik, karena nomer gw gak ada di daftar nilai. Ternyata salah di absen. seharusnya 19, jadi 9. Alhamdulillah nilai sangat memuaskan :D
Hingga mata uji fisika akan dibagikan nilainya. Omaigat, you must know, bahwa gw di fisika LUPA BELAJAR DINAMIKA PARTIKEL DAN GERAK MELINGKAR!!! Berita baiknya, hampir 20 soal merupakan dari BAB itu. bagus sekali

akhirnya dengan berbekal akal pikiran dan logika dari Allah, gw bisa mengerjakan soal fisika dengan 9 soal ngasal. SURAM. Sebagai anak SC fisika gw ngerasa malu banget

Ternyata, nilai gw 7,33 ALHAMDULILLAAAAH TIDAK REMED!!! Berarti, dari 30 soal, 9 soal yg ngasal itu salah semua, dan sisanya betul semua lol. Coba gw belajar, pasti bagus

Kimia gw jg gak remed, bagus alhamdulillah. Dan di sumatif kedua mengalami kenaikan nilai yang drastis. Subhanallah...
Dan gw mulai sangat semangat untuk belajar. Akan membuktikan bahwa gw bukan murid biasa di 8. Lihatlah gw nanti di semester 2..

On Fire...

1 comment:

Rhesa said...

HWAHAHAHHA gw juga pengen ngepost tentang sumatif, tapi belom sempet -,-a SUKSES SEMESTER 2!!!!