Apakek

Sunday, February 7, 2010

Menurutku, Umat Islam Masih Terlalu Sombong

Kenapa sih Islam belakangan ini selalu ketinggalan? Padahal pertama kali sangatlah berjaya?

Pertanyaan itu sering mengiang di kepalaku. Dan akhir-akhir ini aku tahu jawabannya...

Pertama, karena kebanyakan umat Islam itu sombong. Sombong di mananya? Tahu kan, kalau Islam itu adalah agama yang dijamin masuk surga? Nah, oleh karenanya, kita terlalu sombong di sana-sini sebagai agama yang paling benar, jadinya..

Kedua, karena terlalu sombong sebagai agama yang paling benar, ada terobosan baru dari umat beragama lain yang positif, kita cela. Sehingga tak pelak itupun merugikan kita, dan merengganggkan tali persaudaraan. Padahal, Nabi Muhammad sendiri tidak pernah mencontohkan untuk memutus tali persaudaraan dengan umat beragama lain, bukan??

Ketiga, karena sombongnya itulah, kita jadi malas. Saya pernah dengar bahwa, kaum Tionghoa ataupun Bangsa Cina dan sejenisnya, harus rajin betul (bahkan usaha mereka itu 10x lipat lebih keras dibanding orang pribumi) supaya bisa dianggap dan dipandang di antara orang-orang pribumi. Ahiya, aku juga baru tau kenapa Islam di masa-masa awal menemui kejayaannya, karena mereka berjuang gigih!! Sementara kita yang di masa kini, karena sudah dijamin masuk surga, jadi berpikiran pendek: pengajian terus setiap hari (pengajiannya pun bukan yang bersifat membangun, lebih ke formalitas), enggak bisa kreatif dan menemukan hal-hal baru. Engga bisa belajar dari pengalaman dan dunia sekitar. Padahal menuntut ilmu itu hukumnya wajib, kan, biar tetap bisa eksis di masa kini??

oke, pengajian itu emang baik, tapi kalau setiap hari begitu terus dan engga ada tambahannya, bukannya malah jadi sia-sia?

Keempat, menjalankan ibadah hanya sebagai formalitas. Seharusnya yang namanya ibadah itu kan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada YME supaya kita bisa tetap di jalannya dan mata hati kita dibuka. Ah, jangankan formalitas, menjalankan ibadah pun ogah-ogahan

Kelima, kita pelit. Bukan pelit harta atau apa, tapi pelit ilmu. Jangankan pelit ilmu, mencari ilmu aja ogah-ogahan. Andaikan semua umat Islam mau berbagi ilmunya, dan yang dibagi pun mau menerima, Insya Allah Umat Islam akan menguasai dunia.


Ehm, coba deh kita lihat sekarang.. Contohlah Mario Teguh. Beliau itu seorang Muslim yang hebat, tidak sombong dan berbagi ilmunya secara gratis lewat program televisi.
Contohlah para ilmuwan di luar negeri sana, mereka itu rendah hati semua, tidak mentang-mentang pintar, lantas sombong dan malas. Jadinya sukseslah mereka dan mampu lebih pintar daripada kita!! Padahal Al-Quran itu sumber segala ilmu, tapi kenapa bukan Muslim yang mampu membongkar misteri dunia ini??

oooh ayolah, aku di sini bukan untuk mengadu domba. Aku ini seorang Muslim. Tapi aku hanya berharap supaya kalian semua tidak sombong, menjaga silaturahmi dan seterusnya supaya bisa sukses...