Apakek

Tuesday, June 8, 2010

Ah, Entahlah....

Hari Minggu, sepulang tes AFS (pertukaran pelajar).

Saya senang sekali karena tes AFS "nampaknya" berjalan mulus. Tes tahap kedua itu adalah wawncara. Karena lokasi tes adalah di Blok M, dan kebetulan cukup dekat dengan jalur Bus Transjakarta, maka pulangnya saya naik bus merah itu.

Btw saya ini freak banget sama kereta. Jadi sehari aja gak naik kereta, rasanya aneh lol. Dan saya memutuskan turun di Halte Stasiun Jakartakota. Jauh banget sebenernya, tapi tak apalah, toh saya lagi capek, pengen duduk-duduk dulu.

Sampai di Beos, saya heran karena di depan pintu penjaga tiket, ada rame-rame. Kirain kasus pembunuhan. Bukan deng, cuma serombongan orang yang habis pawai sepeda mau pulang naik KRL, gak boleh, dan disuruh beli tiket lagi.

Di jalur 12, ada KRL ekonomi yang baru datang. Naiklah di situ. Tapi nggak lama kemudian, ada KRL AC di jalur 11. Saya pindah aja ke situ. Dan seperti biasa, duduk di lantai (karena kebetulan KRLnya JR-103 hehe).

Saya bosan, dan Senin sumatif matematika. Dan saya belajar, buka buku, kerjain soal.
Di sebelah saya kemudian ada seorang pedagang mainan anak. Semula saya nggak menghiraukan, hingga terjadi percakapan...

Pedagang: Ini kereta ekonomi AC Bogor, kan? Bukan ekspress?
Saya: Iya, Pak. Itu yg ekspress di peron sebelah.
P: Oh iya ya..


P: Hari Minggu masuk sekolah, mas?
S: Hehe nggak kok, Pak. Saya habis tes pertukaran pelajar.
P: Oooh. Mau ke mana?
S: Haha belum kepikiran. Baru lulus tesnya aja saya seneng banget.
P: Owalah. Emang syaratnya apa?
S: Kelas satu SMA. Itu aja kok, Pak.
P: Nggak ada syarat lain?
S: Err, nggak kok.
P: Oooh. Terus itu daftarnya bebas kapan aja, atau ada waktunya?
S: Ada waktunya, Pak. Waktu itu pendaftaran dibuka mulai bulan April. Terus ada tes tahap pertama awal Mei. Kalau lolos, ya tes lagi.
P: Berarti masnya lolos?
S: Hehe alhamdulillah iya, Pak.
P: Wah pintar.. Tesnya susah nggak?
S: Ya susah, Pak. Kalo nggak banyak yg kesaring ntar hehehe.
P: Iya ya..

Lalu saya melanjutkan belajar. Hingga tiba-tiba rombongan sepeda yang tadi di depan gerbang masuk, dan bikin rusuh.

P: Wah, ini materi yg ini butuh kertas coret-coretan banyak ya...
S: Hwahaha iya, Pak. (kebetulan saya belajar persamaan linear)
P: Rajin amat belajar..
S: Hehe iya, Pak. Abisnya kalo nggak, nanti saya ketinggalan banget. Sekarang aja udah ketinggalan. Apalagi besok Senin saya ulangan semesteran.
P: Oooooh.. Ya ya.
selang sekian detik yg gak enak
P: Sekolah di mana sih?
S: SMA 8.
P: Oooooooooooh.. (kelihatannya dia tau). Terus mainnya kapan kalo belajar melulu?
S: Hehehehe ya cari-cari waktu lah, Pak.
P: Haha dasar..
terus saya diem, karena nggak enak kalo ngelanjutin belajar.
P: Wah, ini bukunya pake Bahasa Inggris, ya?
S: Engh, ini bilingual, Pak. Dua bahasa.
P: Ohiya, RSBI sih ya, udah banyak yg pake Bahasa Inggris. Terus kalo di kelas, belajarnya pake bahasa inggris juga?
S: Yaa harusnya gitu sih. Tapi paling itu cuma di awal bulan aja. Setelah sekian bulan, karena anaknya jg rada nggak ngerti, jadi pake Bahasa Indonesia lagi. Tapi kalo soal ulangannya sih, Bahasa Inggris, Pak.
P: Oooooooooh...
diem yang nggak nyaman lagi.
P: Yaudah sana belajar lagi!!

Oke, akhirnya saya belajar lagi. Sang pedagang itu tidur.

Setelah lewat Sta. Mangga Besar, karena lelah, saya tidur juga....

*****

Hingga tiba di Sta. Manggarai. Pintunya kebuka, dan nyaris jatuh ke peron. Kami berdua terbangun.

P: loh kok belajarnya udahan?
S: Hehe iya, Pak. Ngantuk.
P: Turun di mana?
S: Saya di Tanjung Barat, Pak.

*****

Di Pasar Minggu, satu stasiun sebelum saya turun.

P: Mau turun?
S: Nggak, Pak. Satu stasiun lagi...

Antara Sta. Pasar Minggu dg Tanjung Barat, saya dengarkan percakapan antara pedagang mainan anak-anak itu dengan pedagang lain. Ternyata pedagang buah. Si pedagang buah itu bawa 1 kuintal per harinya. Dan selalu habis. Hebat.

Dan waktu mau turun, saya pamitan kepada tukang itu, untuk menjaga sopan santun..

P: Ohiya silakan, belajar yang rajin ya....

*****

Entahlah, waktu terjadi percakapan tersebut, saya melihat raut muka si pedagang itu seperti sedih, sayu, atau bahagia, saya tak tahu. Bisa jadi dulunya dia anak yang pintar, tapi karena nasibnya kurang beruntung, tidak bisa mengenyam pendidikan lebih jauh..
Atau dulu tidak rajin belajar, hingga jadi seperti sekarang, tukang mainan..
Atau sebenarnya memang pintar, tapi karena sulitnya mencari pekerjaan, dia hanya menjadi tukang mainan...
Atau dia punya anak, anak yang pintar, tapi tidak punya biaya cukup untuk menyekolahkan anaknya, dia jadi sedih waktu melihat saya..
Atau dia punya anak yang rajin, tetapi meninggal dunia dan teringat kembali..
Atau hanya orang biasa saja?
Atau, ah entahlah....

Saya pikir dia pintar, karena dia sempat nyeletuk, "Pelajaran yang ini butuh kertas coretan banyak," itu menandakan setidaknya dia pernah mengerjakan soal itu dengan benar, bukan? Sudah tua, tapi tampaknya tidak merokok, karena wajahnya masih segar.

Jujur, saya jadi nggak enak setelah kejadian itu. Saya nggak tau apa yang terjadi dengan pedagang mainan itu. Kasihan saya. Nasibnya tidak beruntung... Andai saja nasibnya bisa lebih baik.

Ternyata banyak sekali orang baik di Indonesia yang nasibnya tidak beruntung...
Ah, entahlah

No comments: