Apakek

Sunday, October 18, 2009

Festival Budaya

Hari Rabu (14/10)
waaaah bahagia banget rasanya udah bebas dari UTS. Akhirnya hari bebas yang ditunggu itu tiba juga. Engga belajar di sekolah, merayakan pesta UTS yang telah usai. Dan alhasil sekolahan bikin acara yang namanya Festival Budaya Bahasa.

Pagi-pagi, karena UTS telah selesai, berarti masuk jam 6.30 lagi. Sungguh hal yang amat dibenci anak  sekolahan di Jakarta. Yang bisa bikin gw semangat berangkat pagi cuma karena KRL Ekonomi AC yang di Tanjung Barat jam 5.35 zz.
Ternyata gw ketinggalan kereta dan harus naik KRL Ekonomi yang penuh. Gelantungan di pintu deh. Karena gw kira masuk jam 6.30 beneran, sementara sampe stasiun udah jam 6.05, gw ngojek.

Sial, ternyata selewat jam 6.30, pagar smandel ngga digembok. hhh, goceng gw melayang...

Diawali masuk ke kelas dan diabsen di pagi hari dengan membubuhkan tanda tangan pada lembar absen. Setelah itu dibacain deh nilai English gw. Ah dari dulu udah remed, ngga kaget deh kalo sekarang remed lagi. Gak perlu dikasihtauin lah...

Setelah absen dan tetek bengeknya selesai, gw turun ke bawah deh, menyaksikan "keajaiban smandel". Emang gw pikir smandel itu bukan SMA biasa. Dikit-dikit, event; dikit-dikit, event. Gitu terus. Bagus sih, ngga monoton.

Mulanya gw juga ga begitu ngerti sih apa maksud dari event ini. Yang jelas sih, setiap ada event bagus, pasti smandel dipenuhi penjual makanan-makanan enak yang gak biasa hehehe.. Sayangnya mahal sih, mendingan duit gw buat beli buku lah, terus celamitan ke temen :P

Jadi di Fest. Budaya itu ada berbagai macam bahasa asing yang dipelajari di smandel, mulai dari Inggris, sampe bahasa Arab. Tentunya bahasa ini ada negara yang punya dong, nah, jadinya di kelas XA-XF dijadiin stand buat memamerkan budaya di negara-negara tersebut. Ada Inggris, Jerman, Prancis, Jepang, Korea, Mandarin (China), dan Arab. Kalo ada "negara" yang niat dan dekornya keren, ya keren lah pamerannya. Kalo ada yang gak niat, ya bener-bener sepi deh tanpa pengunjung

Diawali dengan pembukaan acara. Wuih rame banget, jadi ada panggung di lapangan. Sayangnya gw gak ambil fotonya. Dan ada penampilan-penampilan dari berbagai "negara" itu. Eh ngga dinyanya ternyata ada nativenya juga. Dari Jepang, Korea, Mandarin, Inggris, bahkan Jerman ada lho.. wow gak nyangka gw.

Sayangnya gw ga liat acara pembukaan ini karena bantuin Rhesa buat ngedekorasi stand English. hmm English.

Dan stand pun telah dibuka.

Yaah fyi aja lah, English tuh yang paling sepi lol. Kalo lain-lain ada berbagai macam acara dan makanan, dekorasinya rame, English sepi sendiri, kayak gak niat. Ada bus Double Decker (bus tingkat lah -,-) yang dibikin dari tumpukan meja terus dilapisin koran, dan dicat merah. LoL.  Ada "Jam Gadang" juga di tengah ruangan hehe. Ada Lidya ama Gerry yang ceritanya jadi Ratu Elizabeth dan Pangeran Charles wkwk.
Mohon maaf sih, bukannya gw ga menghargai kerja keras kalian yang di English. Gw juga bantuin kok. Tapi kok ya kayaknya gimanaa gitu...

Ada juga Jerman, beh ini paling semarak. Ada yang jualan mug, gantungan kunci, buku, promosi kursus Deutsch, roti + selai Nutella (ah nih selai enak banget), musik, blablabla.. Dekorasinya keren lagi, engga sembarangan. Penataan tempatnya juga bagus lagi wow. Yah guru juga sih yang ngurus, jadinya bagus, engga sembarangan. Terus, karena guru Jerman kita mengiming-imingi nilai plus kepada yang nyatet di stand Deutsch, jadinya stand yang ini selalu ramai

Ada lagi Jepang, ini nggak kalah menariknya. Ada berbagai macam pertunjukan dan makanan, dan permainan di sini. Dan acara puncaknya itu pas "Upacara Minum Teh". Jelas Jepang rame, karena emang banyak banget anak smandel yang demen sama Jepang. Heran gw apa sih bagusnya ckck...

Korea juga gak kalah bagusnya. Sayangnya, entah kenapa di stand ini bau prengus (tau gak sih? gak sedap gitu lah). Gw sebenernya udah tertarik gitu mau masuk ke Korea. Tapi begitu mencium bau yang mengoar gak enak ini.. ga jadi deh. Bagus sih sebenernya, ada wushu ato apalah itu gak tau gw hehe.

Ada juga Prancis. Nah yang ini emang di-design ala Prancis banget deh. Dengan desain gelap, pakai lampu halogen buat penerangan, terus ada Baguette pula. Baunya menggoda selera. Sayangnya mahal. 2000 rupiah cuma buat roti keju kecil. Andalan stand ini ya makanannya, aromanya...

Terus, Arab. beh, di stand ini semua anak smandel keturunan arab ngumpul hwakakakak. Ada Kadir, Haidar, dan buanyak lagi. Makanannya enak juga, ada sambosa, kurma, air zam-zam. Yang ini harganya baru masuk akal, sambosa cuma 2000an, enak lagi.
Yang bikin gw habis pikir, gw penasaran stand Arab ini pake kelas apa.. soalnya kalau hari-hari biasa, kelas ini "invisible", alias gak keliatan.

Dan yang paling semarak, China. walah walah ini gak kalah ramenya kayak Jerman, padahal letaknya di ujung. Bayangin, mereka bener-bener pake bambu gede yang dibikin kayak gapura buat dekorasinya. Gw gak habis pikir gimana caranya buat masukin bambu ini ke kelas.. Makanannya enak, ada kue bulan, terus apalah itu. Tapi lagi-lagi harganya gak masuk akal.. Kue bulan yang dibagi jadi 4 harganya 4000 rupiah.. hmm
karena warnanya merah dan mata gw gak seneng dengan yang warna merah menyala, alhasil gw jauhi bener-bener jauhi ni stand.

Cukup sekian laporan saya yang telat ini hehehe :P
kalo ada fotonya ntar gw sampirin deh

No comments: