Apakek

Sunday, September 26, 2010

Potong Rambut, Banjir, dan F1

Minggu, 26 September 2010.

Gila, sore hujan deras luar biasa. Mulai sekitar jam 3.30an. Rumah gue yang nggak pakai sistem selokan --hanya mengandalkan resapan air--, sekitar jam 5an airnya mulai membludak. Untungnya masih bisa ditampung.

Besok, Senin, ulangan matematika. Tapi malam ini, ada F1 GP Singapura. Dan sore itu, gue belum potong rambut. Masih menunggu hujan reda. Akhirnya, setelah maghrib hujan benar-benar berhenti. Langsung gue pak buku matematika, coret-coretan di tas kresek. Naik motor ke tukang pangkas rambut di Rancho.

Malas lewat jalan kampung yang sempit dan becek, lewat Tanjung Mas Raya. Lebih cepat, lebih enak. Tak disangka, banjir.

Lewat blok E, gila banjir banget. Belok ke blok C. Banjir juga. Tapi karena di blok C nggak begitu tinggi, terobos saja. Lalu terobos terus sampai blok A.

Setan, nggak disangka di blok A malah lebih parah. Sumpah parah banget. Liat ke belakang, knalpot udah ketutupan air. Bahaya ini kalau ngerem, pikir gue.

Sialnya, tiba-tiba di tikungan ada mobil. Banjir tinggi, gelombang airnya menggoyahkan motor yang sedang jalan. Mau nggak mau harus ngerem. Tas kresek yang bawa buku, hanyut ke air banjir. Dan sial, motor mati!!

Udah nggak ada harapan, air lebih tinggi daripada knalpot. Langsung cek handphone. Basah!! Basah kuyup. OMG panik sumpah. Langsung amankan hape ke tas kresek karena pikirnya di situ cukup kering.

Bodoh, sangat bodoh. Cek handphone, tambah basah kuyup. Huanjir goblok banget pikir gw. Langsung taruh handphone di bagasi. Lumayan kering lah.

Tuntun motor lewat Tanjung Mas, keluar lewat pintu gerbang Tanjung Mas II. Gilaaaaa tinggi banget airnya. Derita banget astaghfirullah. Begitu sampai di tempat yang lebih tinggi, coba di-ongkel motornya. Shit, gak bisa diongkel. Roman-romannya mesin kemasukan air.

Mau nggak mau nuntun motor sampai depan Stasiun Tanjung Barat. Di depan tukang pempek, ngestarter motor. Berjuta-juta kali kaki ngongkel motor, berkali-kali starter elektrik dihidupkan. Gak nyala-nyala juga. Begitu kesekian kali, tiba-tiba motor nyala. Bahagianyaaa.... Tapi nggak lama kemudian, mati lagi. Dan nggak mau nyala lagi.




Adzan Isya berbunyi. Gila, udah satu jam gw melakukan hal bodoh begini. Di belakang, ada bapak-bapak yang mengalami nasib serupa. Entahlah motornya diapain, tiba-tiba dia bisa jalan lagi.. Sedih :'(

Starter ongkel starter ongkel berkali-kali. Nggak kerasa ternyata kaki gw udah sakit luar biasa. Di belakang gw ada motor yang dari tadi telpon-telponan. Nungguin banjir di depan Stasiun surut kelihatannya. Gw ngelongok kanan kiri nyari bantuan.... Nggak ada yang bisa dimintain bantuan. Bengkel pun tutup semua :'(

Lihat handphone di bagasi. Shit, konslet!! Wah, langsung buka batere, dibiarin mati. Layar LCDnya rupanya kemasukan air. Handphone pertama gue yang gue beli pake uang gue sendiri........ Nggak bisa minta pertolongan deh.

Galau luar biasa. Gue harus gimana?? Handphone mati, jalanan macet, wartel jauh. Minta dijemput, motornya masa mau ditinggal di pinggir jalan? Tuntun? Astaghfirullah jauh luar binasa....

Akhirnya sekian jam gw cuma bisa ngestarter motor. Hasilnya nihil. Yang ada malah asap knalpot yang jadi hitam. Pertama kali gw ngeliat motor gw seburuk itu.

Berusaha tetap tenang biar nggak dihipnotis atau apa. Gak ada bantuan.... Ya Allah sedih banget. Terus ngestarter motor.

Tiba-tiba, belakang gue yang daritadi telpon, bilang ke gue, "Gak usah distarter terus, capek yang ada. Mendingan businya dibuka, dikeringin. Terus bensin karburatornya dibuang."

Terus dia turun dari motornya dan bantuin. Sempat kesulitan karena spesifikasi Supra X 125 R yang aneh: harus buka seluruh rangka supaya bisa buka busi. Susah juga buat buang bensin karena kendala tadi.

Akhirnya busi kebuka. Dikeringin. Lalu distarter lagi. Lumayan ada perkembangan. Dan gw kaget, tiba-tiba bensin udah berkurang 1/6 tangki.

Lalu banjir mulai surut. Dia tanya, rumah gue di mana. Gue jawab Lenteng Agung, dia heran karena platnya plat Depok. Haha jelas lah, motor gw terdaftarnya di Depok. Ternyata dia orang Depok. Seorang cleaning service, baru pulang kerja. Hari Minggu kerja, pikir gw.

Dan gw sadar kalau dia itu tahu bahwa gw masih anak SMA lol. Heran, ternyata kelihatan juga.

Lalu si cleaning service bermotor Honda Blade berplat B 6290 ETE itu pergi.... Meninggalkan saya sendirian. Gw yang cuma bawa duit 10 ribu, gak enak buat ngasih dia. Yaudah biarin aja. Semoga rezekinya lancar :)

Bingung. Starter terus, nggak jalan juga. Hasilnya nihil. Akhirnya, dituntun juga motor ini ke rumah. Buset, kaki gw udah capek luar biasa. Rasanya mau terbang....

Di Tanjung Mas masih banjir. Tenteng terus. Akhirnya setelah mengalami perjuangan luar biasa, sampai rumah juga....

Yak, sampai rumah, dengan berbagai kesialan. Pertama: belum potong rambut. Kedua: motor mati. Ketiga: jalan kaki dengan nuntun motor itu siksa luar biasa. Keempat: handphone rusak :'(. Kelima: batal nonton F1. Keenam: buku basah. Ketujuh: belum belajar binomial.

Hem. Tapi setidaknya gw jadi tau tentang motor karena bertemu dengan bapak-bapak tadi. Katanya, motor gak perlu turun mesin. Semoga.

Dan sekarang gw masih tersiksa karena kaki gw luka. Argh

No comments: