Apakek

Friday, August 27, 2010

Kasihan

Saya sering terenyuh melihat pedagang makanan atau barang lainnya. Apalagi bulan puasa gini....

Bulan puasa, pasti banyak "pedagang dadakan". Yak, jualan ta'jil semacam es buah, jajanan pasar semisal pastel dan risol, gorengan, cakwe, atau yang lainnya. Tentunya, kalau berjualan ada yang untung dan ada yang rugi.

Tapi, saya sering banget sakit hati kalo ngelihat ada penjual yang dagangannya nggak laku....

Alkisah, waktu itu saya berniat beli sop buah di depan komplek. Beli 3 bungkus. Lalu, di sebelah tukang sop buah yang ramai, ada penjual jajanan pasar. Sepi sekali, sangat kontradiktif....
Kasihan banget. Udah sedia modal banyak, bikinnya capek, jualannya panas-panasan, yang beli sedikit pula. Mungkin nyaris nggak ada.... Tapi wajah penjualnya juga tidak mengeluh, entahlah hatinya bagaimana. Mau beli, tapi sedang super berhemat. Lagipula, buang-buang uang juga kalau beli yang tidak diperlukan.

Sumpah, mau nangis rasanya. Kenapa dia harus bernasib seperti itu. Gimana kabar keluarganya yang dinafkahi....

Belum lagi penjual jepitan rambut atau "lem korea" di stasiun ataupun di atas KRL. Saya nggak habis pikir, apa ada yang beli... Soalnya, setiap saya naik, nyaris selalu sepi pembeli. Sudah dagangannya harganya murah, saya juga nggak yakin dia ambil untungnya banyak. Apa dia bisa makan, barang sehari saja....

*****

Tapi, nggak tahu kenapa, saya jarang sekali punya rasa kasihan dengan peminta-minta, mungkin nyaris nggak ada. Setragis apapun kondisinya, saya tidak segitunya.

Memang, tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Tapi entah kenapa, saya tidak ada niatan untuk membantu orang yang seperti ini....

Ah, apakah hati saya keras?

3 comments:

chop said...

Soal penjual jepitan rambut atau lem korea itu, kalo nggak salah, katanya Romy mereka itu pasti dibayar biarpun nggak laku. Entah apa nama strateginya rani nggak ngerti.

Tofaninoff said...

@ Kak Rani:
HAH demi apa?? masa sih jaman gini ada orang yg mau bayar walopun gak laku gitu?

chop said...

Beneran, according to Romy sih. rani juga pernah denger soal ini sebelumnya, jadi ya emang mereka jual-jual gitu udah dikasih duluan kayak: "Lu sehari gue bayar sekian buat jual-jualin ini, entar kalo laku sekian gue tambahin sekian". mungkin. :P