Apakek

Sunday, August 29, 2010

Kiamat

Tulisan ini akan saya hapus jika saya telah mengetahui kebenarannya.
--


Saya agak kesal karena harus menerima kenyataan bahwa hari pembalasan serta kiamat itu seram. Kesalnya lagi, tadi malam setelah tarawih, bermimpi sedang mengejar waktu Shalat Jumat, kemudian hampir terjadi kiamat. Untung dibangunkan untuk sahur. Kalau nggak, mungkin saya nggak bisa tidur lagi.

Karena kejadian tadi pagi, saya jadi teringat kejadian --kalau tidak salah-- lima (atau empat?) ramadhan yang lalu.

*****

Pulang tarawih. Kemudian tidur. Setelah sahur, ke masjid untuk shalat Subuh. Surah pendek yang dibacakan selalu sama: Al A'la, dan "beberapa ayat dari surah yang banyak Asmaul Husna-nya".

Sejak pertama ramadhan, surah itu selalu diulang. Nggak setiap kali shalat, sih. Tapi frekuensinya termasuk banyak.

Penasaran dengan "beberapa ayat dari surah yang banyak Asmaul Husna-nya", saya mulai mencari di Quran. Mencari dari Al-Baqarah, hingga selesai.

Setiap pagi mencari, herannya nggak ketemu-ketemu. Bolak-balik Quran, gak ketemu juga. Nahlo. Sampai jadi kesal karena nggak ketemu-ketemu, baca artinya aja.

Dari ayat 1 sampai banyak sekali, saya baca arti-artinya. Hingga menemukan tentang kiamat. Ada ayat yang menurut saya super seram. Yah, ini hanya menurut ingatan saya. begini bunyinya:

--
Tidakkah kamu takut akan hari pembalasan? Di mana setiap perbuatan akan dipertanggungjawabkan?
Hari yang lamanya beribu tahun, dan hanya yang beriman dan memiliki banyak amalan soleh yang tidak merasa tersiksa.

Terdapat dua golongan, golongan kanan dan golongan kiri.

Di mana golongan kanan pada saat melalui Siratul Mustaqim, tidak merasa kesulitan. Melaluinya dengan kemudahan dan sukacita karena akan menghadap Surga Allah.



Padahal, jalan itu sangatlah pedih, bagi golongan kiri

Terdiri dari dua ribu tahun jalan mendatar

dua ribu tahun jalan menanjak

dua ribu tahun jalan menurun

dan dua ribu tahun jalan mendatar

Di mana satu tahunnya adalah sama dengan waktu penciptaan alam semesta beserta isinya

Dan Siratul Mustaqim jauh lebih tajam daripada pedang

Di bawah siratul mustaqim, banyak kafir yang meminta tolong untuk ditarik lagi ke atas

Sementara yang beriman tidak menghiraukannya, dan ada yang berniat untuk menolong, namun dia terjatuh ke dalamnya

Semuanya melalui itu dengan waktu yang sama

Namun hanya orang berimanlah yang tidak merasa tersiksa karenanya

Kenapa kamu tidak sadar juga?
--

Mohon maaf, itu hanya menurut ingatan saya. Saya benar-benar mohon maaf, tidak ada niatan hal buruk apapun.

Oh damn. Saya seketika langsung merinding setelah membaca itu. Bodohnya, tidak saya catat itu ada di halaman berapa, dan surah (atau hadis?) apa.

Hingga akhirnya saya senang bukan main karena menemukan surah yang berisi Asmaul Husna itu. Al Hasyr, tiga ayat terakhir.

**********

Dua ramadhan berlalu. Dan saya teringat lagi akan surah menyeramkan itu. Kembali saya buka AlQuran. Saya cari satu persatu, dari awal.

Tidak ada.

Benar-benar tidak ada. Saya tambah merinding.

*****

Saya tanya sana-sini. Teman, guru agama. Tidak ada yang mengetahui tentang hal ini. Bagaimana bisa??

Sampai kira-kira sekian bulan yang lalu, untuk memastikan bahwa artian itu ada, saya membolak-balik Quran lagi.

Tetap tidak ada.

*****

Itu apa? Apakah itu hadis? Atau surah? Atau jangan-jangan tidak ada di mana-mana? Atau saya hanya mengigau?

3 comments:

Komang said...

"As-Sirāt (Arabic: الصراط‎), also called As-Sirat al-Mustaqeem (English: The Straight Bridge) is, according to Muslim belief, the hair-narrow bridge which every person must pass on the Yawm ad-Din to enter Paradise. It is said that it is as thin as a hair and as sharp as the sharpest knife or sword. Below this path are the fires of Hell, which burn the sinners to make them fall. Those who performed acts of goodness in their lives are transported across the path in speeds according to their deeds leading them to the Hauzu'l-Kausar, the Lake of Abundance."

Words cannot decipher the amazement.

Tofaninoff said...

Ngapain, Kom dicopas?? huehe

Komang said...

nggak, hebat aja. apa ya, ga tau deskripsiinnya gimana lol